Kumpulan Resep Masakan Khas Indonesia

Makan Kurma Jangan Buang Bijinya, Ada Banyak Manfaat Biji Kurma

Advertisement

Bulan Ramadhan identik dengan buah kurma, Anda bisa menjumpai buah kurma di beberapa toko makanan dan minimarket terdekat di kota Anda. Rasa manis pada buah kurma sangat bagus untuk tubuh kita saat di konsumsi disaat buka puasa karena bisa langsung diubah menjadi energi dengan cepat.


Kebiasaan kita saat mengkonsumsi buah kurma adalah membuang bijinya. Padahal sebenarnya ada banyak manfaat dalam biji kurma tersebut. Salah satunya biji kurma juga bisa dimanfaatkan menjadi minuman yang mirip kopi.

Caranya cukup mudah, cuci biji kurma lalu keringkan, lalu jemur sampai kering.

Setelah itu sangrai biji kurma hingga hitam, setelah itu tumbuk hingga berbentuk mirip dengan bubuk kopi.

Biji kurma Anda siap untuk diseduh.

Kandungan Minuman Biji Kurma

Yusuf Al-hajj Ahmad dalam buku Islamic Medicine membahas bahwa minuman ‘kopi’ biji kurma tersebut bisa memberikan tenaga untuk orang yang meminumnya. Selain itu bisa digunakan untuk bumbu campuran daging, dimana bisa membuat daging jadi lembut.

“Kopi” biji kurma ini juga bisa dimanfaatkan untuk lulur dengan cara dicampurkan dengan minyak zaitun dan madu terlebih dahulu.

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting yaitu dapat mengatasi masalah kebotakan hanya dengan cara mencampurkan bubuk biji kurma tersebut dengan minyak zaitun.

Kurma Banyak Serat dan Rasa Manisnya Bagi Kesehatan

Para peneliti dari University of Scranton menemukkan kurma dan buah-buah kering lainnya sangat kaya akan antioksidan yang bernama polyphenol, serta serat.

The American Cancer Society menyarankan kita untuk mengonsumsi 20-35 gram serat pangan (dietary fiber) setiap harinya. Dan serat pangan ada yang larut dan tidak larut.

Dimana serat yang membantu proses penceranaan dengan mendorong makanan ke saluran cerna adalah serat yang tidak larut.

Sedangkan, serat larut mampu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat.

Tidak hanya itu, Anda t juga bisa menurunkan kadar gula darah dengan serat tersebut, yang ujungnya akan membantu menjaga penyakit diabetes tetap terkendali.

Banyak yang membuktikan kalau Kurma merupakan asupan energi yang baik, karena setiap butir kurma mengandungan 31 gram karbohidrat.

Porsi ini juga termasuk 3 gram serat pangan dan 29 gram fruktosa, glukosa dan sukrosa (gula alami yang mudah dibakar tubuh untuk menyediakan energi).

Nilai plus dari kurma adalah, mereka akan memberikan energi tanpa lemak atau kolesterol.

Kandungan potasium dalam kurma juga menyodorkan manfaat bagi kesehatan kita.

Tubuh membutuhkan asupan potasium untuk mencegah terjadinya kontraksi otot.

Potasium merupakan mineral penting bagi tubuh untuk melindungi otot jantung, serta menjaga kesehatan proses metabolisme tubuh dan memastikan sistem saraf tetap berfungsi dengan baik.

Plus, potasium juga mampu membuat tubuh melenyapkan sodium, dan secara otomatis akan menurunkan tekanan darah.

Tubuh tidak bisa menyimpan potasium secara berlebih, dan biasanya akan hilang bersamaan dengan keringat.

Dan seperti kita tahu, fungsi hati akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia kita.

Jadi, meningkatkan asupan potasium menjadi 400 mg akan membantu kita menurunkan risiko stroke hingga 40 persen. Dan 100 gram kurma mengandung 667 mg potasium.

Advertisement

0 comments:

Post a Comment