Kumpulan Resep Masakan Khas Indonesia

Resep Mashed Potato yang Lembut Gurih

Advertisement

Resep Mashed Potato youtube
Resep Mashed Potato yang Lembut Gurih ini kiriman dari salah satu pembaca setia Resep Menu Masakan. Nah yang pingin bikin Mashed Potato, anda bisa ikutan gabung dengan membaca Resep Mashed Potato yang Lembut Gurih

Sajian steak atau roated beef paling pas dilengekapi dengan mashed potato alias kentang tumbuk. Dibuat dari kentang yang dihaluskan bersama susu atau krim sehingga teksturnya lembut mengelias lidah. Ternyata tidak sulit untuk membuatnya sendiri. Bikin yuk!

Kentang memang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat. Karenanya, bisa dijadikan alternatif jika bosan makan nasi ataupun roti. Chef Mustopa dari The Tavern Restaurant & Pub Hotel Aryaduta Jakarta memberikan beberapa langkah praktis membuat mashed potato!

1. Kupas dan cuci kentang

Pilih kentang tua yang besar dan bagus kualitasnya. Kupas kentang hingga bersih, kemudian cuci di bawah air mengalir. Tiriskan.

2. Merebus kentang

Rebus kentang dalam air mendidih secukupnya hingga lunak. "Untuk 1 kilogram kentang, biasanya sekitar 30 menit sudah matang," kata chef Mustopa. Untuk memastikan kentangnya sudah matang, gunakan bantuan garpu untuk menusuk kentang.

3. Tumbuk kentang

Tiriskan kentang rebus dan haluskan segera selagi panas. Jika sudah dingin akan sulit lumat. Gunakan potato masher atau alat penghancur kentang atau tumbuk secara manual dengan sendok khusus.

4. Beri susu dan krim

Tambahkan susu cair dan krim segar pada kentang yang sudah lumat."Untuk 1 kg kentang, susu yang digunakan 200 hingga 300 mililiter. Supaya lebih enak, tambahkan krim segar sedikit saja. Kemudian tambahkan garam, lada dan juga pala bubuk untuk memperkuat rasa," jelas chef Mustopa. Aduk semua hingga tercampur rata dan lembut.

5. Penyajian

Untuk mendapatkan cita rasa terbaik, chef Mustopa menganjurkan agar mashed potato langsung dinikmati segera. Namun jika ingin disimpan, bisa diletakkan di dalam chiller. "Bisa awet selama 1 minggu, kemudian saat akan disajikan dihangatkan kembali di dalam oven" tuturnya.

Selamat mencoba :)

Advertisement

0 comments:

Post a Comment