Kumpulan Resep Masakan Khas Indonesia

Resep Puding Manuk Nom Khas Jogja

Advertisement

resep dan cara membuat puding manuk nom

Yang suka jalan-jalan ke Jogja tentu tahu dong nama makanan yang khas jogja kesukaan sultan dan raja Jogja ? Yup bener sekali Puding Manuk Nom. Puding Manuk Nom adalah puding khas kraton Yogyakarta,dessert kegemaran Sultan2 Yogya. rasanya enak sekali. Bahan utamanya adalah tape ketan hijau . Di Yogyakarta..puding ini masih bisa di cicipi di restoran2 di sekitar kraton seperti restoran Bale Raos. Tapi kalau mau mencicipi di rumah..membuat sendiri juga cukup mudah , kebetulan dapet resep yang kemungkinan otentik nich rasa kraton, karena resepnya dari buku Warisan Kuliner Kraton Yogyakarta yang di tulis oleh Ibu BRAy Nuraida Joyokusumo, tapi agar sesuai seleraku..sedikit ku utak atik sendiri resepnya..yang mau otentik, silahkan mengikuti resep aslinya ya..

Puding Manuk Nom ( Resep dari buku Warisan Kuliner Kraton Yogyakarta , Oleh BRAy Nuraida Joyokusumo )

Bahan :

  • 400 gram tape ketan, peras airnya ( aku kira2 250 - 300 gram, satu cup kemasan plastik gitu..beli di SPM , tapi airnya nggak ku peras..biar rasanya tetep mantab tapenya)
  • 1 liter susu segar ( aku ganti santan aja 500 ml )
  • 200 gram gula pasir ( aku cuma 100 gram )
  • Kuning telur 3 butir + 1 putih telur, kocok asal rata ( aku
  • 2 butir telur aja )
  • ¼ sendok the vanili bubuk ( aku gak pake )
  • 2 sendok makan margarin( aku gak pake )
  • Garam ¼ sendok teh ( tambahan ku sdr )

Cara Membuat :

  1. Campur telur kocok, susu , vanili, gula dan tape ketan hijau.
  2. Tuang di pinggan tahan panas
  3. Beri margarine di atasnya ( aku gak pake )
  4. Lalu kukus hingga matang. Sajikan dengan emping goreng.
  5. ( Kalau aku..karena suka rasa tape ketannya masih terasa, adonan tidak di campur, tapi tape ketan di taruh di cetakan kecil2, baru di tuangi campuran kocokan telur dan gula secukupnya..)
  Mudah banget bukan untuk membuat puding manuk nom ini.

Advertisement

0 comments:

Post a Comment