Tips Menyimpan Daging Qurban Agar Lebih Awet dan Tetap Aman Dikonsumsi

cara menyimpan daging sapi giling daging kurban di kulkas
Hari Raya Idul Adha sudah tiba. Pada hari ini biasanya kita kebanjiran stock daging kurban, sampai sampai bingung mau dibikin masakan apa. Makan daging terus-terusan selain bosan juga tak baik bagi kesehatan. Menghindari kebosanan biasanya disimpan mentah atau olahan agar bisa dikonsumsi di lain hari. Masalahnya sekarang, jika anda tidak tahu cara menyimpan daging dengan baik, daging yang anda simpan dapat rusak dan berisiko menimbulkan keracunan. Berikut ini adalah cara-cara menyimpan daging dengan baik.


Perlu anda ketahui daging segar tahan disimpan di chiller atau penyimpanan dingin hanya 2-3 hari pada suhu dibawah 4oC dan bila ingin menyimpannya lebih lama, masukkan di dalam freezer atau penyimpanan beku. Di freezer pada suhu -18oC sampai -23,5oC, daging bisa bertahan hingga 3 bulan. Ada beberapa syarat agar daging tetap segar dan aman diolah setelah disimpan di freezer:


  • Daging harus dalam kondisi segar. Begitu anda dapat daging yang betul-betul segar, pisahkan antara yang mau dimasak hari itu dan yang mau disimpan, jangan menunda waktu untuk menyimpan.
  • Jangan menyimpan daging dalam ukuran besar, sebaiknya potong-potong daging sebelum disimpan agar pembekuan lebih merata.
  • Bungkus daging dengan kemasan plastik tebal, dikemas rapat agar daging tidak mengalami dehidrasi. Daging yang dehidrasi akan mengalami perubahan warna menjadi coklat kehitaman, akan terjadi penyimpangan rasa bila diolah, dan alot.
  • Bila hendak digunakan, cairkan (thawing) daging. Ada 3 cara pencairan, yaitu di pindahkan ke chiller selama 12-24 jam, dibiarkan dalam temperatur ruang, dan letakkan di wastafel sambil dikucuri air keran dalam keadaan masih terbungkus plastik.
  • Daging yang sudah di-thawing tidak boleh dikembalikan ke freezer karena bakteri yang semula tertidur lelap bangun kembali dan mulai merusak daging. Sebaiknya daging yang sudah keluar segera diolah habis, kalaupun mau disimpan masukkan ke chiller, itu pun hanya bertahan 2 hari saja.

Nah, buat Bunda semua yang sudah terlanjur menyimpan daging kambing atau sapi dari idul Adha tidak perlu cemas. Anda bisa segera mengolahnya untuk berbagai masakan yang mudah dibuat. Seperti :

Resep Rawon
resep coto makassar

Semoga bermanfaat ya Bunda.... 

0 Komentar

Post a Comment