Resep Kue Kamir Tape Asli

membuat kue kamir asli pemalang
Resep kue kamir tape lezat yang mudah dibuat di dapur kesayangan Anda. Kue Kamir yang mempunyai rasa khas tape singkong dengna paduan tepung terigu cocok untuk bekal sekolah Anak-anak yang suka jajan di luar, sehingga Anda dapat merasa tenang dengan makanan jajanan sekolah.

Kue kamir atau sering juga ditulis dengan Khamir, adalah makanan khas daerah Pemalang yang berasal dari tanah Arab. Adonan kue ini terbuat dari tepung terigu atau tepung beras, tape singkong, pisang, gula, telur dan mentega atau margarine. Kue ini berbentuk bulat pipih, menyerupai kue apam atau serabi hanya saja umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan bantet. Sebenarnya ukuran kue ini bervariasi, yang terbesar mencapai seukuran piring makan. Kamir biasanya dicetak dengan menggunakan cetakan khusus berupa loyang bulat yang memiliki beberapa lubang-lubang kecil dengan diameter sekitar 5 cm. Sebenarnya sama seperti cetakan kue lumpur atau carabikang. Cetakan yang terbuat dari besi atau kuningan yang telah diolesi dengan margarine ini lantas diletakkan di atas api kompor hingga panas. Adonan kemudian dituangkan ke dalam lubang-lubang cetakan hingga bagian dasar mengeras dan tampak gelembung-gelembung udara muncul dari dalam adonan. Kamir lantas dibalik untuk mematangkan sisi sebelahnya. Paling mantap kue ini dimakan saat masih hangat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Resep Kue Kamir Tape :
  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok teh (4 gram) ragi instan
  • 25 gram margarin, lelehkan
  • 150 ml minyak untuk menggoreng
  • 75 gram gula pasir halus
  • 150 gram tape singkong, dihaluskan
  • 1 butir telur
  • 200 ml air

Cara membuat Resep Kue Kamir Tape pun ternyata cukup mudah :
  1. Campurkan terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam satu wadah. Kemudian, tambahkan tape singkong. Kocok perlahan menggunakan mixer spiral.
  2. Selanjutnya, masukkan telur dan air. Masukkan sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga kalis.
  3. Masukkan juga margarin leleh. Kocok rata. Untuk hasil maksimal diamkan 20 menit sampai mengembang.
  4. Lalu, panaskan cetakan cara bikang. Jangan lupa olesi cetakan dengan minyak.
  5. Tuang adonan penuh dengan hati-hati. Biarkan adonan sampai berkulit dan setengah matang. Balik adonan. Setelah yakin kamir telah matang, angkat.

Resep Kue Kamir Tape ini bisa Anda buat menjadi 16 buah. Keluarga Anda pasti akan menyukai Kue Kamir Tape enak ini

0 Komentar

Post a Comment