Resep Sayur Asem / Sayur Asam Jawa

Saturday, July 20, 2013

cara bikin sayur asem bumbu dan bahan sayur asem jawa
Sayur Asem Memang sangat menyegarkan dikonsumsi pada saat siang hari, apa lagi rasa dari jagung manis yang ada didalamnya, membuat saya semakin merasa ingin menambah makan dengan sayur asem ini. Memang rasa tidak bisa bohong jika dibandingin harus makan dengan kuah yang berkarakter santan disiang hari, saya lebih suka dengan sayur asem ini, ya walaupun terkadang juga lebih memilih menu santan sebagai hidangan, ya rata rata relatif lah.

Sayur asem sangat cocok dipadukan dengan tempe goreng, sambal trasi atau tomat,, kalo ada ditambah dengan ikan asin malah lebih maknyus, lalu bagaiman sih cara membuat sayur asem ini? berikut ini adalah salah satu resep untuk membuat sayur asem yang segar juga gurih tentunya.


Bahan bahan sayur asem:
  • kacang panjang sesuai kemauan, kemudian potong potng sepanjang 2 cm.
  • jagung muda, bisa dipotong potong atau diiris iris melintang atau miring juga boleh
  • daun melinjo secukupnya
  • 1 buah terong( jika suka)
  • 100 gram kacang tanah
  • 2 buah jagung manis potong potong,
  • 1,5 liter air
  • cabe merah besar iris miring atau sesuai kemauanlah,cukup 1 buah aja
  • 1 buah cabe hijua, iris miring
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas
  • buah asem/ asam muda secukupnya
  • gula jawa secukupnya

Bumbu untuk membuat sayur asam/asem
  1. semua sayuran dibersihkan
  2. didihkan air,masukan bumbu halus dan daun salam, lengkuas, asam/asem, gula jawa, masak sampai mendidih
  3. masukan sayuran yang keras seperti jagung, kacang tanah, masak sampai matang, kemudian masukan sayuran yang lain seperti terong, kacang dan jaun melinjo
  4. masak sampai benar-benar matang kemudian sajikan.
  5. sayut asam/asem siap untuk dihidangkan ditengah tengah keluarga.

nah itu tadi resep dan cara membuat sayur asam/sayur asem ini, mudah mudahan dapat bermanfaat buat semua, karena niat saya sudah saya rubah, berbagi untuk ibadah, kalo yang rejeki2 itu udah tak ganti, klo ada rejeki ya alhamdulillah kalo gak juga gapp, terima kasih kunjungnnya.


0 comments:

Post a Comment