Resep Brownis Ubi Ungu Yang Menyehatkan

cara membuat brownis kukus ubi ungu
Brownis Ubi Ungu ? nggak salah nih Bunda !!? Jangan dikira Ubi ungu tidak bisa dibuat kue yang lezat lho. Begitu banyaknya manfaat dan khasiat ubi ungu membuat para koki berkreasi agar Ubi bisa dijadikan makanan yang lezat dan bernilai ekomonis. Ubi Ungu memliki khasiat yang baik untuk kesehatan, karena di dalam warna ungu tersebut tedapat sebagai antioksidan yang dapat menyerap racun, dapat membantu kekebalan tubuh, serta menghambat penggumpalan sel-sel darah. Selain itu, ubi juga mempunyai prebiotik, oligosakarida, dan kadar Glycemic Index rendah.

Kue berownies sudah sering kita nikmati ataupun buat sendiri. Tapi apakah Anda sudah mencoba menikmati brownies yang terbuat dari ubi ungu? Jika belum, resep brownis ubi ungu berikut ini bisa memandu Anda untuk membuat berownis yang nikmat ini.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
  • 200 gram ubi ungu, dikukus, dihaluskan
  • 150 gram margarin
  • 200 gram dark cooking chocolate, potong-potong
  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 75 gram kismis, dipotong 2 bagian
  • 100 gram kacang tanah, disangrai, cincang kasar

Bahan Taburan:
  • 15 gram kacang tanah kupas, disangrai, dicincang kasar

Cara Membuat Brownis Ubi Ungu:
  1. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut. Tambahkan ubi ungu. Aduk rata. Sisihkan dan biarkan mengental.
  2. Kocok telur dan gula pasir 2 menit sampai rata. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
  3. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan. Masukkan kismis, dan kacang tanah. Aduk rata.
  4. Tuang adonan di loyang 30x10x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan kacang.
  5. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 30 menit sampai matang. Dinginkan.

Untuk 12 potong

Nb :
Masih malas untuk mengolah Ubi Ungu jadi Brownis ? baca Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan berikut :

Vitamin
Ubi sangat kaya dengan vitamin, dan vitamin yang terkandung di dalamnya di antaranya Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan Vitamin A.

Diabetes
Memang ubi jalar terasa ada rasa manis, tapi hal ini sangat mempengarahui untuk pengobatan pada penderita penyakit dibetes. Dengan ubi jalar, penderita diabetes bisa menggantikan makanan nasi atau karbohidrat dengan ubi jalar.

Anti Kanker
Kandungan aktif zat selenium dan iodin 20 lebih tinggi dari pada ubi lainnya. Jadi, ubi ungu bisa mengobati atau menjadi anti kanker.

Asma
Memang penyakit asma tidak bisa terobati dengan sembuh total, tapi setidaknya kita mengobatinya sehingga tidak sesering mungkin kambuh. Asma biasanya hidung terasa mampet, dan paru-paru sulit memompa udara. Dengan mengkosumsi ubi ungu, anda bisa menggunakan sebagai mengatasi asma tersebut.

Menambah Berat Badan
Dengan rasa manis dan karbohidrat kompleks serta vitamin yang terdapat pada ubi ungu bisa menmbah berat badan anda. Selain itu dengan mengkosumsi ubi ungu dengan teratur maka otot-otot pada tubuh anda akan terbentuk (dengan artian perlu latihan juga).

Selain beberapa khasiat di atas, ubi ungu juga memiliki kaya akan manfaatnya. Untuk itu janganlah menganggap jika ubi ungu sekarang ini hanyalah makanan murahan.

0 Komentar

Post a Comment