Resep Cara Membuat bakso Kenyal Tanpa Pengawet

Resep Cara Membuat bakso Kenyal Tanpa Pengawet – Inilah rahasia Resep Membuat Bakso Yang Kenyal dan enak Tanpa Harus Memanfaatkan bahan bahan Pengawet Yang berbahaya. Sejauh ini telah Banyak Beredar Berita Bahwa Bakso ini banyak Yang mengandung Borak, Formalin Atau bahan pengawet lainya. Selain itu daging sapinya juga banyak yang diberitakan dicampur dengan tiren Atau malah lainya. Nah Disini saya ingin berbagi Bagaimana Cara Membuat Bakso sapi Yang Kenyal , atau juag bisa menggunakan resep cara Membuat Bakso Ayam Kenyal
Resep Cara Membuat bakso Kenyal Tanpa Pengawet
Resep Masakan Lainnya :
Bahan Untuk Resep Cara membuat Bakso Sapi Yang Kenyal :
1. Daging Sapi segar Seberat +- 250 Gram
2. Tepung Tapioka 70gram
3. Es Atau Air es secukupnya
4. Garam 11 Gram
5. Monosodium Glutamat ( MSG ) 4 gram
6. Sodium Tripolyfospat (STTP) -FG* 1 Gram
7. TiO2 Titanium Dioksida seberat 0.2 Gram
8. Siapkan Beberapa nampan atau Wadah Kecil untuk mencampur bahan bahan
Catatan Untuk bahan Bahan diatas :
1. Perhatikan Untuk Bahan STTP yang dipakai harus yang FOOD GRADE – karena ini fungsinya untuk pengenyal Bakso.
2. Bahan TIO2 yang dipakai harus Juga yang FOOD GRADE – Karena Ini fungsinya untuk membuat bakso daging sapi atau ayam lebih putih namun perlu diingan Bahwa Bahan ini bisa dipakai, bisa juga tidak . Bebas sesauai selera Sobat semua

Cara Membuat Bakso Daging sapi Yang Kenyal Tanpa bahan pengawet adalah
1. Untuk Memulai Membuat bakso Yang kenyal silakan Masukkan daging yang sebelumnya digiling dulu dengan mesin penggiling daging. Masukkan daging sedikit demi sedikit daging sapi itu sambil mesin chopper jalan. hal ini Agar kerja mesin chopper tidak berat dan proses Lebih halus
2. Sambil menggiling Masukkan setengah air es dan bumbu-bumbu Yang sudah Disediakan (msg, garam, sttp dan tio2). Gilinglah terus daging sapi / ayam itu sampai kelihatan lembek dan tercampur
3. Masukkanlah tepung tapioka sedikit demi sedikit di pengggilingan itu . nah untuk sisa air es yang setengah bagian tadi Silakan di masukan agar temperatur daging sapi tetap dingin dan adoan tetap lembek.
4. Gilinglah daging itu terus sampai halus. Hal terpenting adalah temperatur daging, jangan sampai panas daging diatas 15 derajat. Hal ini karena Apabila daging terlalu panas, maka hasil baksonya tidak bisa kenyal dan enak.
5. Kalau dirasa sudah cukup Silakan keluarkan adonan bakso dari mesin penggiling. Nah disini teman bisa cetak bakso dengan tangan atau mesin pencetak bakso jika memang sudah ada.
6. Saat mencetak bakso itu jangan lupa Merebus bakso dengan air panas tapi tidak perlu mendidih. Ya Suhu air panas itu sekitar 80 der. Celcius itu sudah cukup.
7. Apabila bakso sudah mengambang di permukaan air panas itu, jangan lupa angkat bakso dan dinginkan sampai semua dingin.
8. Akhirnya Bakso daging sapi yang kenyal dan enak siap untuk dimakan sendiri atau dijual untuk usaha Bakso Sobat semua.

Nah itulah Resep dan Cara Membuat Bakso daging Sapi . mudah kan ? pokoknya Kalau Misalkan pengin Tahu Bagaimana Bikin Bakso daging Sapi Yang enak dan Kenyal .  Silakan baca juag Artikel Cara membuat Kuah Bakso Yang enak . Saya Tunggu Komentar Sobat dibawah ini.

0 Komentar

Post a Comment