Resep Kue Serabi Solo Notosuman yang Enak dan Garing

resepi kek serabi solo notosuman

Kalau jalan-jalan ke Solo, belum puas kalau tidak mencicipi Kue Serabi Solo Notosuman. Pasti bagi anda pencinta jajanan kue khas tradisonal tidak asing lagi dengan kue yang satu ini yaitu Kue Serabi Solo Notosuman yang sudah terkenal sejak lama dari tahun 1923. Kue ini merupakan jajanan khas kota solo yang masih berkembang hingga sekarang bahkan di beberapa daerah diluar kota solo juga sering terdapat jajanan ini, kue ini sudah turun temurun dan antar generasi yang enak cocok bagi lidah masyarakat setempat dan lainnya.

Kue Serabi Notosuman ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga atau dengan kerabat dekat anda. Jika anda datang ke kota Solo untuk berwisata atau hanya sekedar lewat pasti anda melihat beberapa tempat banyak yang menjajakan kue ini, tapi kue ini awal mulanya adalah berasal dari daerah Notosuman, Solo Jawa Tengah, dan bila Anda berniat mau membuatnya tidak ada salahnya anda mencoba, Resep Kue Serabi Solo Notosuman ini sangat sederhana dan cukup mudah untuk di buat.

Berikut Bahan Resep Kue Serabi Solo Notosuman yang kemarin sempat dilipur oleh Resep Menu Masakan

  • ½ sendok teh soda kue
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 100 cc air pandan
  • 250 gram gula cair
  • 500 gram tepung beras
  • 600 cc air matang
  • 750 ml santan kental matang
  • Topping sesuai dengan selera


Cara Membuat Kue Serabi Solo Notosuman

  1. Pertama buat adonan dengan memasukkan tepung beras ke dalam tempat baskom, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit, trus aduk hingga mengental.
  2. Setelah adonan tadi selesai masukkan soda kue dan gula cair ke dalamnya, aduk hingga merata, diamkan selama sekitar 45 menit. Campuran bahan-bahan ini adalah adonan utama.
  3. Selanjutnya siapkan cetakan serabinya, dan panaskan cetakan di atas api arang atau kompor, dan jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan minyak goreng supaya tidak lengket.
  4. Bila adonan utama telah selesai didiamkan selama 45 menit, berarti adonan utama telah siap untuk digunakan sebagai bahan utama pembuat Serabi.
  5. Masukkan kira-kira 1 sendok sayur besar adonan kue sambil ditekan pada daerah tengahnya agar dapat menghasilkan bagian luar atau pinggiran yang tipis.
  6. Ketika adonan kue sudah setengah matang, tuangkan santan kental matang sebanyak 1 sendok sayur kecil, lalu tutup.
  7. Apabila Anda ingin memberikan topping pada Kue Serabi, buka penutup cetakan, lalu taburkan topping, tutup kembali cetakan. Tunggu hingga matang.
  8. Apabila pada bagian pinggiran kue yang tipis sudah berubah warna menjadi kecoklatan, itu menandakan bahwa Kue Serabi Notosuman sudah matang.
  9. Keluarkan dari cetakan, sajikan selagi masih hangat.


Perlu diingat bagi anda yang membeli sudah jadi untuk dijadikan oleh-oleh maka harus tidak lewat dari satu hari pastikan harus sudah dikonsumsi supaya tidak terlanjur basi, karena makanan ringan ini tidak dapat bertahan cukup lama. Bagi yang sudah berhasil membuat sendiri Kue Serabi Solo Notosuman ini selamat menikmati kuenya bersama keluarga tercinta

Oh iya, di Solo juga terkenal dengan Bakso Bakar nya lho...

0 Komentar

Post a Comment